Musiro Fusion Korean Food | @MusiroKoreaFood

Musiro ini salah satu pelopor restoran korea dengan harga terjangkau di Jogja. Ownernya meskipun benar-benar orang Korea, mampu melihat celah untuk membuka restoran korea dengan harga terjangkau mahasiswa dan pelajar. Pilihan menunya juga beraneka ragam.


Saya waktu itu pesan Cheuk Dosirak. Menu dosirak andalan di Musiro. Dibandrol dengan harga 25ribu, kita sudah bisa menikmati menu nasi dipadukan dengan daging sapi cincang, sosis goreng tepung, galantin daging,telur mata sapi dan kimchi goreng. Ada caranya juga untuk menikmati menu nasi kotak ini. Kita harus memotong motong telur mata sapi, kemudian menutup kotak, dan menggoyang-goyangkan kotak ini 3 kali ke kanan, 3 kali ke kiri, 3 kali ke atas dan ke bawah. Jadi ketahuan banget kalau lagi pesen menu Cheuk Dosirak ini. Rasa kimchi goreng yang mendominasi nasi, menjadi senjata andalan menu ini.








Kemudian pesanan saya adalah  Sundubu Jjigae. Apes saya ternyata lupa foto menu ini. Perasaan udah foto, tapi pas cek galeri kok ga ada. Ini menu favorit saya juga pas cuaca dingin. Karena hari itu juga habis hujan, makanya saya pesan menu ini. Sundubu jjigae ini semacam hot spicy soup dengan paduan tahu sutra, telur, jamur, dan seafood (Ada pilihan beef juga). Porsinya pas untuk 1 orang. Kalau di resto lain ada yang porsinya cukup banyak,dan diletakkan di hotpot. Jadi kuahnya bisa dibuat nasi goreng atau untuk merebus indomie (ini pengalaman orang korea yang ke Indonesia).

Kemudian untuk cemilan saya pesan Topokki dan Oh Teng. Topokki ini dibuat dari tepung beras, dan dimasak dengan red pasta korea yang berwarna merah oranye, terlihat pedas, namun ternyata memiliki cita rasa manis, disamping cita rasa pedas yang dominan. Oh Teng ini juga semacam cemilan dengan rice cake yang ditemani kaldu yang gurih, dan Teng, Nasi yang digulung dengan nori, dengan dalaman berupa saus campuran minyak wijen.


Menurut saya harga di Musiro ini sangat pas untuk pecinta masakan korea yang merasa budgetnya kurang untuk makan di restoran lain yang menyediakan masakan korea, namun dengan harga yang tidak friendly. Beberapa menu di musiro ini juga lebih beragam, sehingga sulit ditemukan di restoran lain. Kalau anda suka kimchi dan ingin mengonsumsinya di rumah, anda bisa membeli kimchi kiloan di Musiro juga! Selamat mencoba!

Update:

 Ini Budae Jjigae, cocok buat yang lagi laper banget sama doyan pedes.. Ada rolade, beef, sosis, dan jamur di kuah yang pedes. Enak banget habis isinya habis tinggal kuah, pesen nasi lagi terus aduk aduk sambil dimakan bareng kuah.



 Ini Jjampong Ramen, ramen paling tradisional dari korea. Nggak pedes sama sekali. Sayang porsinya cuma kecil, tapi enak kok!

 Topokki biasanya pake red pasta sauce, eh yang ini pake jajang sauce. Kirain bakal manis banget, dan eneg, Ternyata malah lebih enak daripada Topokki biasa. Wajib coba!



Kimchinya udah nggak seenak dulu lagi, kurang greget.


Guguma Juice. Jus dari jeng-jeng sweet potato,  atau bisa kita sebut ubi manis. Yah kalau pesen ini musti pesen air putih/ mul (hati hati kalau baca menu di Musiro, Mul itu air putih ya) . Soalnya Guguma ini lumayan berserat banget, dan minumen berkarbohidrat banget, kayak makan ubi manis.



Musiro Fusion Korean Food
Gang Alamanda Gejayan (Depan Es Ling-Ling)

Topokkki 20.000
Cheuk Dosirak 25.000
Sundubu Jjjigae 33.000
Oh Teng 18.000
Cha 4.000

Jajang Topokki 20.000
Jjampong Ramen 20.000
Budaue Jjigae 33.000
Kimchi 5.000
Guguma Juice 16.000

No comments:

Post a Comment